Keindahan Alam Air Terjun Nungnung yang Tak Boleh Terlewatkan Selama Liburan ke Bali

303 views

Lokasi: Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia
HTM: Rp 7.500 per orang
Buka/Tutup: 24 jam.
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/thebaliguideline/

Bali memang terkenal menyimpan banyak keindahan yang sangat menawan. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat musim liburan tiba. Salah satu tempat wisata di Bali yang tidak boleh terlewatkan adalah Air Terjun Nungnung Bali.

Objek wisata yang satu ini memiliki keindahan yang sangat menawan. Selain itu, cuaca yang sejuk membuat tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati liburan dengan suasana alam yang masih sangat asri.

Alamat Air Terjun Nungnung Bali

Air Terjun Nungnung terletak di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung atau berada 50 km dari pusat kota Denpasar. Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Nungnung berada di sebelah utara kabupaten Badung.

foto by instagram.com/explorebadung/

Agar lebih jelas, sebaiknya Anda menggunakan peta karena jalan untuk mencapai lokasi air terjun ini sangat berkelak-kelok di sisi tebing.

Dengan berwisata ke Air Terjun Nungnung, Anda juga bisa berwisata ke tempat-tempat wisata lain, karena terdapat tempat wisata di lokasi ini, seperti Hutan Kera Sangeh dan tempat atraksi rafting di desa Carangsari.

Jalur Trekking yang Menantang Menuju Air Terjun Nungnung

Karena terletak di dataran tinggi, membuat hawa di sekitar Air Terjun Nungnung terasa sejuk sehingga membuat siapa saja yang berkunjung ke objek wisata ini menjadi lebih betah dan nyaman.

Belum lagi perpaduan antara alam sekitar yang asri, gemuruh air terjun serta rimbun pepohonan tropis yang cantik membuat lokasi ini sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk gambar atau foto.

foto by instagram.com/teguhfaqihp_24/

Air terjun Nungnung berada di dasar lembah yang sangat curam, dengan perkiraan sudut kemiringan 50-60 derajat sehingga para pengunjung harus menuruni tebing.

Baca Juga  Situs Bersejarah Pura Gunung Kawi Sebatu, Akan Membuatmu Terpesona. Simak 12 Foto ini

Di Bali sendiri, setidaknya terdapat dua objek wisata air terjun yang tipikal tebingnya seperti ini, selain Air Terjun Nungnung, ada Air terjun Sekumpul yang juga memiliki medan lebih ekstrim.

Jika Anda suka memacu adrenalin dengan menjelajahi air terjun dengan medan ekstrim, maka kedua objek wisata ini cocok untuk Anda.

Meski Air Terjun Nungunung terlihat menakutkan dan melelahkan karena harus melalui ratusan anak tangga, namun Anda tak perlu khawatir karena objek wisata ini dikelola dengan sangat baik dan profesional.

foto by instagram.com/mas_emb/

Terbukti dari jalur tangga yang terbilang lebar dengan konstruksi beton yang kuat serta dilengkapi dengan handle pengaman.

Misalnya saja Anda merasa lelah saat menyusuri perjalanan, Anda bisa beristirahat sejenak di gazebo yang telah disediakan.

Selain bisa melepas lelah, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian. Karena Anda harus menempuh jarak 400 meter untuk mencapai lokasi air terjun, maka sebaiknya Anda tak perlu terburu-buru, terlebih lagi Anda harus menyimpan tenaga untuk kembali nantinya.

foto by instagram.com/tiyong_new/

Saat Anda sudah berada di ujung tangga, maka Anda sudah memasuki area Air Terjung Nungnung. Di sana Anda akan disambut dengan air terjung yang ketinggiannya mencapai 30 meter dengan aliras sungai yang begitu deras.

Pamandangan air terjun ini makin sempurna dan eksotis dengan kabut tebal yang menutupi dasar lembah serta kehadiran berbagai jenis tumbuhan khas dataran tinggi

Pesona Alam yang Eksoti dan Alami

Sejarah Air terjun Nungnung ini mulai dikenalkan sejak tahun 1996 yang lalu oleh pemerintah kabupaten Badung.

foto by instagram.com/melanie.mrty/

Seiring perkembangannya, objek wisata ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang cukup baik, sehingga pamornya tak kalah dengan wisata air terjun lainnya yang lebih populer seperti Yeh Mampeh Waterfall.

Baca Juga  Gunung Agung, Wisata Alam yang Tak Boleh Terlewatkan Saat Singgah Ke Bali

Selain itu, objek wisata ini juga memiliki daya tarik yang tak kalah menariknya, yakni eksotisme alam dan lokasinya yang berada jauh dari pusat kota Bali. Tak heran jika air terjun ini menjadi destinasi favorit para wisatawan, baik lokal maupun turis asing.

Atraksi Makotek di Kabupaten Badung

Di kabupaten Badung, selain terdapat Air terjun Nungnung, ada satu tradisi yang tak kalah menariknya, yaitu Atraksi Makotek di Desa Munggu.

foto by instagram.com/yoyoijonk/

Atraksi ini merupakan tradisi perang kayu yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memohon keselamatan. Makotek sendiri diambil dari kata “tek-tek” yang merupakan bunyi khas kayu yang sedang diaduk satu sama lain.

Tradisi makote ini sangat menarik perhatian para wisatawan dan dirayakan secara rutin setiap 6 bulan sekali sesuai kalender Hindu.

Objek Wisata Sekitar Air Terjun Nungnung

Terdapat beberapa objek wisata yang bisa Anda singgahi saat ke Air Terjung Nungnung.

Dalam perjalanan menuju wilayah Badung Utara, Anda juga bisa menyempatkan untuk mengunjungi monkey forest Sangeh, agrowisata desa Pelaga, jembatan tertinggi Tukad Bangkung dan atraksi rafting di Sungai Ayung.

foto by instagram.com/dr_oliviaong/

Jadi, Anda bisa menghemat waktu dengan mengunjungi beberapa objek wisata dalam satu wilayah. Selain itu, tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi tujuan wisata petualangan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nungnung

Untuk bisa menikmati keindahan alam air terjun ini, para pengunjung diwajibkan membayar harga tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Harga tersebut terbilang murah, apalagi lokasinya cukup terjangkau dari kawasan wisata Bali lainnya, terutama objek wisata di Bali Selatan seperti Kuta, Nusa Dua dan bandara Ngurah Rai.

Jalan Menuju Air Terjun Nungnung

Lokasi Air terjun Nungnung berjarak sekitar 50 km dari kota Denpasar di arah utara. Untuk mencapai objek wisata ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1.5 jam dan akan lebih baik jika Anda menuju lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

foto by instagram.com/alvina_travels/

Jika Anda pengunjung yang berasal dari luar kota, Anda bisa menyewa kendaraan untuk digunakan secara pribadi agar lebih mudah mencapai lokasi air terjun.

Baca Juga  Yuk, Mengintip Keindahan Pelabuhan Gilimanuk dan Kisah Dibaliknya

Rute yang bisa Anda lalui untuk menuju Air terjun Nungnung, apabila bertolak dari Bandara Ngurah Rai Bali, arahkan kendaraan Anda ke Jalan By Pass Ngurah Rai, kemudian menuju jalan Sunset Road.

Dari jalan sunset road, lalu tempuh perjalanan ke jalan Imam Bonjol dan Jalan Mahendradatta kemudian ke jalan Cargo Permai. Baru setelah itu Anda menuju Jalan I Gusti Ngurah Rai dan belok ke arag Jalan Raya Mangu di Petang.

Para wisatawan dipastikan tidak akan tersesat karena terdapat Jembatan Tukad Bangkung yang menjadi patokan paling mudah untuk mencari lokasi air terjun Nungnung.

Jika sudah menemukan jembatan tersebut, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan kurang lebih 5 km saja. Tak hanya itu, terdapat papan petunjuk yang akan Anda jumpai ketika tiba di lokasi.

Tips Mengunjungi Air terjung Nungnung

foto by instagram.com/pegi_pegi/

Saat mengunjungi Air Terjun Nungnung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yakni keselamatan perjalanan saat menyusuri trek menuju lokasi air terjun karena ada beberapa area dan anak tangga yang licin karena dipenuhi dengan lumut.

Oleh karena itu, dibutuhkan kehati-hatian dan kewasapadaan Anda. Tak hanya itu saja, karena kecamatan Petang Bali adalah kawasan yang hampir setiap harinya hujan, termasuk di lokasi air terjun, maka siapkan baju pengganti yang bersih dan kering.

Jangan lupa membawa jas hujna serta kenakan sepatu khusus trekking untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan untuk membawakan perbekalan yang cukup, seperti air minum dan makanan, karena Anda akan membutuhkannya saat diperjalanan menuju lokasi air terjun.

Related Post

Leave a reply