Main Air Sambil Menikmati Wisata Alam di Air Terjun Kali Pancur Semarang, Ini Dia Informasi Lengkapnya

931 views

Kekayaan alam di Indonesia sudah terkenal tidak hanya dari sudut pandang masyarakat lokal saja, tetapi juga wisatawan mancanegara. Didukung dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah membuat tak hanya keindahannya saja yang populer, tetapi juga tempat wisata alamnya menjadi daya tarik sendiri.

Air terjun kali pancur, foto: instagram.com/pikniksemarang/

Tidak sedikit tempat wisata alam yang mengandung mitos, sejarah, dan cerita misteri, membuat objek tersebut menjadi terkenal disertai dengan beberapa urban legend yang berlaku. Tak terkecuali dengan objek wisata di Jawa Tengah dimana kebanyakan berupa pegunungan, lembah, desa hingga air terjun.

Provinsi beribu kota Semarang ini menyimpan banyak tempat wisata berupa bangunan peninggalan sejarah kuno mulai dari Puri Maerokoco yang dijuluki sebagai Taman Mininya Jawa Tengah, juga Lawang Sewu yang fenomenal, ada juga wisata alam seperti goa, hutan, danau, air terjun dan lain sebagainya.

Akses jalan menuju lokasi, foto: instagram.com/nogosarenhits2017/

Kota Semarang (SMG) sendiri tidak hanya populer dengan keindahan bangunan peninggalan sejarahnya saja sebagai objek wisata, tetapi juga keindahan alamnya. Seperti Candi Gedong Songo yang terletak di persawahan dan hutan hijau dari pohon pinus, hingga beberapa wisata air terjun di tengah pegunungan.

Sebut saja ibu kota provinsi ini juga memiliki objek alam untuk rekreasi, salah satunya adalah Air Terjun Kali Pancur. Sedikitnya ada 4 air pancuran dengan pancuran alami di kota Semarang yang letaknya berdekatan satu sama lain dari jalan Kopeng menuju ke Salatiga, tak terkecuali Air Terjun Kalipancur.

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/abdullpriambodho/

Air Terjun Kali Pancur memiliki daya tarik sendiri terlepas dari legendanya sebagai kawasan tertinggi di wilayah Semarang, bahkan di Jawa Tengah. Tempat wisata yang dikelola oleh warga sekitar ini masih tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh pelancong, berikut detail lengkap Air Terjun Kalipancur.

Baca Juga  Asyiknya Berendam Sekaligus Makan di The Fountain Waterpark & Resto Ungaran Semarang

Fasilitas dan Akomodasi

Kondisi dari pancuran alami ini sendiri masih terbilang bagus dan terjaga walaupun pengelolanya bukan pemerintah daerah melainkan warga sekitarnya. Air Terjun Kali Pancur memiliki ketinggian 150 meter lebih, maka dari itu tempat wisata ini juga diakui sebagai air terjun tertinggi di Semarang dan sekitarnya.

Fasilitas yang ada, foto: instagram.com/nogosarenhits2017/

Di wilayah sekitar air terjun terdapat 800 buah anak tangga dengan panjang kurang lebih 1 KM, dimana pengunjung yang ingin melihat tempat ini lebih dekat perlu menuruni anak tangga tersebut. Cukup melelahkan karena pulang pergi harus mendaki, tetapi hal tersebut sebanding dengan keindahannya.

Di sepanjang area menurun menusuri anak tangga, terdapat aliran kecil dari cabang air terjun ini sendiri yang menambah suara alam berupa gemericik air. Pemandangan sekitar pun masih asri dan hijau, karena lokasinya berada di lereng gunung membuat udaranya masih sangat segar dengan suasana sejuk.

Jembatan yang ada di sektiar, foto: instagram.com/rickykrisly/

Pemandangan yang paling menakjubkan dan memanjakan mata disini adalah beberapa hewan liar namun tidak berbahaya seperti ungags salah satunya. Beberapa burung wallet dapat ditemukan di dekat anakan tangga yang menurun, kebanyakan spesies ini bersarang di gua atau celah kecil dekat aliran air.

Di beberapa badan pegunungan dimana tempat wisata alam ini berada juga terdapat pancuran lain dengan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang kecil mulai dari 20 meter hingga besar layaknya Air Terjun Kali Pancur dengan panjang 100 meteran lebih, kebanyakan area lain di sekitarnya bertebing terjal.

Salah satu daya tarik yang ada, foto: instagram.com/nogosarenhits2017/

Karena letaknya di dekat pegunungan dan sedikit agak jauh dari permukiman warga, tidak banyak fasilitas seperti tempat makan, toilet, hingga penginapan disini. Air terjun ini letaknya juga terpencil sehingga hanya memiliki akses pengunjung yang berjalan kaki, kendaraan apapun tidak bisa melintas.

Baca Juga  Ingin Menguji Adrenalin di Salatiga? Kunjungi Kopeng Treetop Sekarang Juga

Air Terjun Kali Pancur menjadi air terjun tertinggi di Jawa Tengah, tingginya mencapai 100 meteran lebih bahkan hampir mencapai 150 meter. Rekor tertinggi yang juga mengalahkan Curug Sewu, sebuah kawasan tertinggi kedua setelah Kali Pancur di Kendal, Jawa Tengah dengan total tinggi hanya 80 meter.

Harga Tiket Masuk

Pelangi yang muncul di sekitar, foto: instagram.com/firin2907/

Karena tempat wisata yang satu ini dikelola oleh warga Desa Nogosaren sendiri, maka wisatawan yang ingin menyambangi air terjun tersebut diharuskan membayar biaya retribusi. Harga tiket masuk menuju objek wisata alam ini tidak terlalu mahal, hanya kisaran Rp 2.500 hingga Rp 5.000 perorangnya tiap hari.

Tidak ada fasilitas parkir di area tempat wisata jadi bagi para pelancong yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkirkan di sekitar Desa Nogosaren. Ada kemungkinan biaya parkir akan dikenakan tergantung dari letak dimana kendaraan diparkirkan, tempat wisata ini juga buka setiap hari 24 jam.

Pemandangan dari kejahuan, foto: instagram.com/nogosarenhits2017/

Beberapa warung dan rumah makan tradisional berjejer di sekitar area Desa Nogosaren sebelum memasuki pintu masuk menuju air terjun. Bagi yang ingin membeli perbekalan dan air minum dapat berbelanja dahulu disini, tetapi pastikan untuk tidak meninggalkan sampah apapun di area air terjun.

Letak dan Lokasi

Jika dilihat dari peta, lokasi Air Terjun Kali Pancur berada di Kabupaten Semarang, Kecamatan Getasan, lebih tepatnya di Desa Nogosaren dengan nama kelurahan yang sama. Berdasarkan denah di peta online letak objek wisata ini berada sekitar 14 KM ke sebelah barat dari Kota Salatiga, melewati jalan Kopeng.

Keseruan pengunjung yang berfoto di sektiar, foto: instagram.com/soim_outsider/

Kecamatan Getasan sendiri terletak di antara Kota Salatiga dan Kabupaten Magelang, jadi rute menuju tempat wisata alam tersebut bisa melewati jalur jalan Kopeng – Salatiga. Kecamatan ini juga berlokasi di dekat Gunung Merbabu dimana menyimpan objek wisata alam yang indah dan juga tersembunyi lainnya.

Baca Juga  Spot Instagramable Susan Spa and Resort Bandungan Semarang Jawa Tengah 

Lokasinya persis berada di Gunung Telomoyo, pada saat perjalanan menuju tempat wisata alam ini, pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan pegunungan dari Gunung Telomoyo dan juga Gunung Merbabu.

Rute Menuju Air Terjun Kali Pancur

Pesona yang dimiliki, foto: instagram.com/wahyu_rahman45/

Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil atau motor. Kendaraan kemudian dapat diparkirkan di dekat pintu masuk air terjun, lalu setelahnya pengunjung harus berjalan kaki karena jalur serta jalan ke tempat wisata ini bertebing dan lebih terjal.

Sebenarnya transportasi umum hanya bisa mencapai jalan raya Salatiga – Magelang, setelah ini pun perjalanan bisa ditempuh dengan menaiki ojek ke pintu masuk Gunung Telomoyo di Desa Dalangan. Dari ini, masih harus menempuh jarak ke arah utara menuju Desa Nogosaren lewat pertigaan POM Salaran.

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/xrakanaufalx/

Kendaraan umum lain yang juga bisa dipakai pun kebanyakan bus dengan jurusan Kopeng – Salatiga, dan pelancong bisa turun di Desa Wates pada Kecamatan Getasan. Dari desa ini sendiri pun harus menaiki ojek lagi menuju pintu masuk air terjun di Desa Nogosaren, jaraknya dari Desa Wates kurang lebih 3 KM.

Pemandangan alam yang ada di sektiar, foto: instagram.com/nogosarenhits2017/

Lokasi: Kelurahan Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000/Orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply