Ingin Melihat Air Terjun Kembar di Bali? Langsung Kunjungi Banyumala Waterfall

452 views

Berjelajah di Bali sepertinya tak cukup bila hanya berkunjung ke wilayah pantainya. Ada cukup banyak pesona yang dijadikan oleh pulau kecil ini. Bahkan, kita sendiri tak akan terasa bosan untuk merasakannya seperti keindahan di sejumlah air terjun yang ada di sini.

Tawaran keindahan ini memang didominasi oleh Kab Buleleng yang masuk di kawasan Bali Utara. Salah satu air terjun yang harus Anda kunjungi adalah Banyumala. Keberadaannya seperti melengkapi air terjun Bali dan memberikan tawaran keindahan mengagumkan serta layak dijadikan sebagai tujuan jalan-jalan.

Menariknya Air Terjun Banyumala

Sir terjun banyumala, foto: instagram.com/ayodolan/

Memang, air terjun yang satu ini tak sepopuler seperti air terjun lainnya seperti Gitgit atau pun sekumpul. Tetapi, pesona yang ditawarkan dapat disejajarkan sehingga Anda tak mungkin kecewa mengunjungi objek wisata ini. Lokasinya memang cukup jauh.

Kita harus berkendara sekitar 2 jam perjalanan, meskipun demikian, hal ini akan memberi kesempatan untuk Anda mengemas acara jalan-jalan dengan mengunjungi objek lainnya. Banyak wisata searah di sini, karena perjalanan dari Denpasar ke Bedugul bisa mengunjungi wisata lain.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/baliagatour/

Kab Buleleng terkenal memberi banyak keindahan wisata alam di Bali. Meskipun sejumlah wisata lainnya bisa ditemukan di kab lain. Tetapi, Buleleng tetap saja menjadi urutan paling atas memberikan pesona alam. Termasuk yang bisa kita lihat adalah Air Terjun Banyumala.

Air terjun ini ada di dasar lembah dengan tiga sisi air yang terbesar serta tertinggi ad adi tengahnya. Kemudian, air terjun yang mempunyai ukuran kecil ada di kiri dan kanan. Tepat di bawah air terjun terdapat kolam, kolam ini dibentuk dengan cara alami, sebenarnya inilah hal yang menjadikan lokasi ini terkenal.

Taman bunga yang ada di sekitar, foto: instagram.com/prastiwiindah/

Dengan air tenang dan jernih, membuat kita merasa aman berenang di dalam. Bahkan, saking jernih airnya, kita bisa melihat dasar kolam. Bila dilihat dari atas meskipun tempat paling dalam mencapai kedalaman 2 meter. Diameter kolam ini kurang lebih 20 meter dengan bentuk hampir bulat.

Baca Juga  Indahnya Pura di Atas Danau, Pura Ulun Danu Bratan Tabanan Bali

Bentuk ini membuat banyak orang bisa berenang di dalamnya. Tak perlu khawatir jika tidak bisa berenang, kita bisa memilih mana masuk ke dalam air sembari belajar berenang.

Pemandangan alam sektiar, foto: instagram.com/yayanchamakh/

Bila ingin menemukan suasana ketenangan di sini, hindari datang di akhir pekan agar bisa mendapatkan nuansa yang sempurna. Hal unik bisa kita lihat ketika berkunjung ke mari adalah sebagian pengunjung ternyata ingin menyendiri. Mereka biasanya datang sendiri dan dapat terpaku berlama-lama di sini.

Hal Apa yang Biasanya Pengunjung Lakukan?

Beberapa hal bisa kita lakukan di tempat ini, seperti:

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/nindia.cn/

  • Berfoto. berwisata ke Bali tanpa mengabadikan seluruh momen spesial sepertinya kurang lengkap. selain bisa menambah koleksi di media sosial, dengan mengambil gambar, kita bisa menjadikannya sebagai kenang-kenangan.
  • Membuat video yang mengasyikkan bersama teman-teman. Tak hanya berfoto bersama kerabat dan keluarga. Mengambil video bersama teman-teman sepertinya juga menjadi aktivitas yang tak bisa dilewatkan. Di sini cukup banyak spot indah bisa digunakan. Tetapi, harus tetap berhati-hati karena lokasi di sekitar air terjun cukup licin.
  • Menikmati pemandangan. Setelah lelah berfoto, coba rasakan pemandangan indah di sini, kita bisa memesan secangkir kopi atau segelas teh hangat. Iklim yang sejuk bisa semakin terasa menenangkan.
  • Berenang. Hobi atau jago berenang? Jangan melewatkan kesempatan emas ini untuk menikmatinya.

Tips Berwisata ke Air Terjun Banyumala

Bersantai di sekitar lokasi, foto: instagram.com/sang_petual4ng/

Beberapa tips berikut bisa Anda ikuti ketika berwisata di Banyu Mala:

1.Gunakan sepatu nyaman. Lebih baik, gunakan sandal gunung dari rumah, atau sepatu yang benar-benar nyaman untuk berpijak, karena jalan yang akan Anda lalui sedikit curam nantinya.

Baca Juga  Keren Banget, 10 Kuliner di Denpasar yang Gak Pernah Sepi

2.Bawa plastik. Jangan lupa membawa plastik untuk menyimpan barang-barang, sehingga tidak kebasahan.

3.Kunjungi ketika akhir pekan. Ingin menikmati suasana tenang di Air Terjun Banyumala? Hindari datang ketika weekend atau ketika musim liburan tiba, karena di musim liburan tempat ini sangat ramai oleh wisatawan. Baik wisatawan asing atau pun lokal.

Rute Lokasi Air Terjun Banyumala

Pemandangan yang ada di sektiar, foto: instagram.com/infowisatabali/

Tempat ini berlokasi di sebelah barat Danau Buyan, cukup mudah diakses karena sudah banyak petunjuk jalan.

Kita bisa mencari jalan ke Asah Gobleg. Kita cukup melewati danau Bedugul sebagai patokan. Saat sampai di Bedugul, lanjutkan perjalanan ke Denpasar sampai melewati Asah Gobleg, ambil jalan ke Busung Biu.

Bagi Anda yang datang dari arah Denpasar, membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai, sepanjang perjalanan, kita akan merasakan pemandangan yang indah.

Untuk pecinta wisata alam, objek ini sayang dilewatkan. Jalan ke lokasi cukup mendukung, sedikit curam karena lokasinya di dasar lembah.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/infowisatabali/

Sesudah sampai di parkiran, jangan harap Anda bisa langsung menikmati indahnya air terjun. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 150 meter untuk sampai di pos jaga pembelian tiket masuk.

Dari pos ini, lanjutkan perjalanan sejauh 200 meter. Jalanan menurun akan dilewati, selain itu kita juga harus menuruni tangga buatan dari bambu kurang lebih 3 meter. Setelah itu barulah kita sampai di Air Terjun Banyumala.

Memang cukup ekstrim, tetapi seluruh lelah terbayar lunas sesudah melihat keindahannya.

Agar lebih memudahkan perjalanan, lebih baik menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan pribadi. Karena, tidak cukup banyak angkutan umum yang bisa mengantarkan kita sampai di tempat wisata elok ini.

Pesona alam yang dimiliki, foto: instagram.com/fandycurtizs/

Apabila masih bingung dengan rute perjalanan, tak perlu takut tersesat, gunakan Google Map dan ikuti seluruh arah petunjuk jalan di sana.
Fasilitas Wisata

Baca Juga  Berinteraksi Dengan Ratusan Kera di Sacred Monkey Forest Bali

Fasilitas wisata ini cukup lengkap, ada beberapa warung yang bisa dijadikan sebagai tempat singgah minum teh dan kopi.

Kamar mandi dan tempat istirahat di sini juga cukup banyak. Tak perlu membawa bekal makanan yang banyak dari rumah, karena warung-warung di sini bisa memuaskan rasa lapar Anda.

Fasilitas pendukung lainnya adalah tempat parkir. Lokasi ini sudah memiliki tempat parkir cukup luas. Jadi, tak perlu bingung-bingung.

Harga Tiket Masuk

Keseruan berenang di sekitar, foto: instagram.com/prastiwiindah/

Harga tiket masuk untuk mengunjungi tempat wisata ini cukup terjangkau, kita hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Harga tiket ini cukup murah, apalagi kita bisa bersantai dari pagi hingga sore hari.

Beberapa Wisata Lain di Bali

Berikut beberapa wisata di Bali lainnya:

Aliran air yang mengalir di bebatuan, foto: instagram.com/videolucuhaha/

a)Pantai Dreamland. Sesuai namanya, pantai ini seperti pantai impian. Di sini terdapat hamparan laut biru nan luas serta bersih dengan tebing yang menjulang di sekeliling serta memanjakan mata kita.

b)Pantai Nusa Dua. Pantai ini ada di wilayah Nusa Dua dan terkenal sebagai salah satu kawasan elite. Tetapi, Anda tak perlu mencemaskan biaya yang harus dikeluarkan. Kita bisa menikmatinya tanpa batasan waktu. Kita bisa bersantai, berenang atau pun berjemur.

c)Pantai Seminyak. Karena kondisi geografisnya ada di satu garis dengan Kuta dan Legian, karakternya pun sama. Pasirnya landai dan putih, bahkan menyuguhkan keindahan na luas diantara pantai lain.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar lokasi wisata, foto: instagram.com/videolucuhaha/

Lokasi: Wanagiri, Sukasada, Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-18.00
Telepon: –

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply